SELAMAT DATANG DI IVAN ANTARIKSA

Sabtu, 11 Juni 2011

(*_*) Cara Cek Sistem Pengapian Motor (Cek CDI) (*_*)


Untuk memastikan bahwa CDI motor rusak atau tidaknya bisa kita cek dengan mudah melalui beberapa pengetesan, hal ini penting banget terutama bagi mekanik motor sebelum melakukan langkah penggantian CDI.

Dengan menggunakan beberapa alat kerja serta alat sederhana kita bisa melakukan pengetesan CDI, untuk cdi rusak memang biasanya tidak terjadi listrik tegangan tinggi pada sekunder koil, sebelum melakukan pengecekan sebaiknya kita siapkan beberapa alat/tool untuk mempermudah pengerjaan kita.

Peralatan/tools yang di butuhkan antara lain:

AVO Meter.
Pulser Terter.
Lampu tester 12 Volt.
Untuk pengecekan sebaiknya kita awali dari:

1. Sumber signal CDI yakni Pulser, kita harus memastikan bahwa signal dari pulser masuk ke dalam CDI, jadi harus kita lakukan pengetesan dari soket input signal pada CDI motor.

2. Pengecekan sumber tegangan ada dua macam: cdi ac dan cdi dc

Untuk CDI DC lakukan pengecekan tegangan sumber pada CDI, pastikan sumber tegangan masuk ke CDI saat kunci kontak pada kondisiON/ IG Gunakan AVOMeter/ lampu Tester.
Untuk CDI AC lakukan pengecekan tegangan sumber CDI dari spull, gunakan AVO meter Untuk mengukur/mengecek secara Profesional bisa juga di tempel body untuk yang Osed ha..ha.. (tegangan sekitar 60Volt AC saat di starter).

3. Pengecekan grounding. Pastikan grounding masuk ke dalam CDI dan grounding coil, jangan sampai terjadi karena grounding jelek kita ganti CDI.

4. Pengecekan kabel ke koil. Patikan kabel output cdi ke coil terhubung dengan benar.

5. Pengecekan Output Coil. Cara cek output coil yakni apabila prosedur di atas tercek dengan baik, dengan mendekatkan kabek koil ke ground sekitar 1 cm, dan apabila di start maka kabel akan memercikkan bunga api/loncatan listrik tegangan tinggi.

Apabila semua terjalani dan coil tidak memercikkan bunga api kita bisa memastikan bahwa CDI mati, untuk lebih meyakinkan coba ganti cdi dengan CDI baru